Komputer pada
zaman ini banyak sekali digunakan dalam kehidupan sehari-hari, dari pekerjaan
kantor, tugas sekolah dan kuliah, dll. Alat canggih ini juga bukan hanya untuk
mengerjakan tugas. Komputer juga bisa untuk hiburan dengan cara bermain game dan jika tersedia fasilitas internet anda bisa melakukan chatting via online dengan orang
asing dan menambah wawasan dengan browsing, Jadi siapa sih yang ga tau Komputer
dizaman sekarang? Kalau belum tau mari saya jelaskan sedikit tentang Komputer
dan Sejarahnya.
Komputer adalah alat yang dipakai untuk
mengolah data
menurut perintah yang telah dirumuskan. Kata komputer semula dipergunakan untuk
menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika,
dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri.
Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika,
tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan
matematika.
Secara luas, Komputer dapat didefinisikan
sebagai suatu peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen, yang
dapat bekerja sama antara komponen satu dengan yang lain untuk menghasilkan
suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada. Adapun komponen komputer
adalah meliputi : Layar Monitor, CPU, Keyboard, Mouse dan Printer (sbg
pelengkap). Tanpa printer komputer tetap dapat melakukan tugasnya sebagai
pengolah data, namun sebatas terlihat dilayar monitor belum dalam bentuk print
out (kertas).
Setelah tau apa itu komputer yuuk kita liat sejarah komputer, Komputer pada saat ini sudah sangat canggih bahkan akan terus bertambah seiring berjalannya waktu. Membahas artikel sejarah perkembangan komputer
tak terlepas dari penemuan-penemuan manusia sejak dahulu kala
berupa alat mekanik maupun elektronik. Komputer yang biasa digunakan
saat ini merupakan evolusi panjang dari komputer terdahulu sejak pertama
kali diciptakan dimana komputer sangat terbatas penggunaan dan
kegunaannya karena belum dikomersilkan serta memerlukan keahlian khusus
untuk mengoperasikannya.
Meskipun demikian perjalanan sejarah perkembangan komputer
tak terhenti bahkan telah beberapa kali mengalami evolusi ditiap
generasinya dan dari tiap generasi menunjukkan perbedaan-perbedaan yang
sangat menonjol seiring kemajuan teknologi yang sangat mendukung
perkembangan komputer itu sendiri.
Jika kita memperhatikan perjalanan kilas balik sejarah perkembangan komputer
dari setiap generasi, bahwa komputer dapat digolongkan menjadi 4
golongan berdasarkan peralatan yang digunakan untuk menciptakan sebuah
komputer sebagai alat pengolah data, yaitu :
- Komputer dengan menggunakan peralatan manual, maksud dari komputer disini sesuai dengan asal kata yaitu “to compute” dengan menggunakan peralatan pengolahan data yang sangat sederhana dengan menggunakan tenaga tangan manusia seperti pada alat hitung tradisional yang dikenal sebagai abakus
- Komputer dengan menggunakan peralatan mekanik, yaitu sistim komputasi sederhana dengan menggunakan peralatan yang sudah berbentuk mekanik dan digerakkan secara manual
- Peralatan Mekanik Elektronik : Pada bagian ini perjalanan sejarah komputer telah menggunakan peralatan mekanik yang bergerak secara otomatis dengan menggunakan prinsip motor elektronik dan operator untuk melakukan pengendalian operasi
- Peralatan Elektronik : Peralatan komputer dimana pengolahan datanya bekerja secara elektronik seperti yang biasa kita jumpai saat ini
sejarah Komputer terdiri dari 5 generasi.
Komputer Generasi Pertama (1946-1959)
Dengan terjadinya Perang dunia II, negara-negara yang terlibat dalam perang tersebut berusaha mengembangkan untuk mengeksploitasi potensi strategis yang dimiliki komputer.
Hal ini meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan teknik komputer.
1. Colassus
2. Mark I
3. ENIAC
4. EDVAC
5. UNIVAC I
Ciri komputer generasi pertama adalah:
- Penggunaan tube vakum (yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar)
- Adanya silinder magnetik untuk penyimpanan data.
- Instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu.
- Setiap komputer memiliki program kode biner yang berbeda yang disebut " bahasa mesin " (machine language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya.
Komputer Generasi Kedua (1959-1964)
Stretch dan LARC
Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan Sprery Rand membuat komputer bernama LARC. Komputer-komputer ini, yang dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom. Mesin tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi bisnis, sehingga membatasi kepopulerannya.
Hanya ada dua LARC yang pernah dipasang dan digunakan satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore, generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singkatan untuk menggantikan kode biner.
Pada awal 1960an, mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, di universitas, dan di pemerintahan. Komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini; printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program.
Ciri-Ciri komputer pada generasi kedua :
- Penggunaan transistor sehingga ukurannya lebih kecil
- Adanya pengembangan memori intimagnetik membantu pengembangan komputer
generasi kedua yang
lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih
hemat energi dibanding para pendahulunya
- Penggantian dari bahasa mesin menjadi bahasa Asembly
- Muncul bahasa pemrograman COBOL dan FORTRAN
- Penggantian dari bahasa mesin menjadi bahasa Asembly
- Muncul bahasa pemrograman COBOL dan FORTRAN
Komputer Generasi Ketiga (1964 – 1970)
Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun
transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak
bagianbagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan
masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan
sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan
tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari
pasir kuarsa.
Pada ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponenkomponen ke
dalam suatu chiptunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi
semakin kecil karena komponenkomponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan
komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan system operasi (operating
system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda
secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi
memori komputer.
Ciri-ciri komputer pada generasi ketiga:
Ciri-ciri komputer pada generasi ketiga:
- Penggunaan IC(Intregrated Circuit)
- Ukuran komputer menjadi lebih kecil
- Ditemukannya Sistem Operasi
- Ukuran komputer menjadi lebih kecil
- Ditemukannya Sistem Operasi
Komputer Generasi Keempat (1979 – 1990an)
Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran
sirkuit dan komponenkomponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat
memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980 an, Very Large
Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.
UltraLarge Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi
jutaan. Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping
yang berukurang setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran
komputer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan
komputer.
Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan
meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit,
memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil.
Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik.
Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk
memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan. Tidak lama kemudian, setiap perangkat
rumah tangga seperti microwave oven, televisi, dan mobil dengan electronic fuel
injection dilengkapi dengan mikroprosesor.
Perkembangan yang demikian memungkinkan orangorang biasa untuk menggunakan
komputer biasa. Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaanperusahaan
besar atau lembaga pemerintah. Pada pertengahantahun 1970an, perakit komputer
menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum. Komputerkomputer ini,
yang disebut minikomputer, dijual dengan paket piranti lunak yang mudah
digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak yang paling populer pada saat itu
adalah program word processing dan spreadsheet. Pada awal 1980an, video game
seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih
canggih dan dapat diprogram.
Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk
penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak
dari 2 juta unit di tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit di tahun 1982. Sepuluh
tahun kemudian, 65 juta PC digunakan. Komputer melanjutkan evolusinya menuju
ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada di atas meja (desktop
computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau
bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop).
IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer.
Apple Macintosh menjadi terkenal karena mempopulerkan system grafis pada
komputernya, sementara saingannya masih menggunakan komputer yang berbasis
teks. Macintosh juga mempopulerkan penggunaan piranti mouse.
Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaian
CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU
buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini semua masuk dalam
golongan komputer generasi keempat. Seiring dengan menjamurnya penggunaan
komputer di tempat kerja, cara cara baru untuk menggali potensial terus
dikembangkan. Seiring dengan bertambah kuatnya suatu komputer kecil, komputerkomputer
tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling
berbagi memori, piranti lunak, informasi, dan juga untuk dapat saling
berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Komputer jaringan memungkinkan komputer
tunggal untuk membentuk kerjasama elektronik untuk menyelesaikan suatu proses
tugas. Dengan menggunakan perkabelan langsung (disebut juga local area network,
LAN), atau kabel telepon, jaringan ini dapat berkembang menjadi sangat besar.
Ciri-ciri komputer pada generasi keempat:
- Digunakannya LSI, VLSI, ULSI
- Digunakannya mikroprosesor
- Digunakannya LSI, VLSI, ULSI
- Digunakannya mikroprosesor
Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi semakin memungkinkan
pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah
kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model von Neumann. Model
von Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak
CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi
superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun,
yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.
Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek
komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology)
juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa
proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek
komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma
komputerisasi di dunia.
Komputer Generasi Kelima
Generasi kelima dalam sejarah perkembangan komputer
merupakan komputer impian masa depan di masa itu. Diharapkan bahwa
komputer dapat melakukan lebih banyak unit pemprosesan yang berfungsi
bersamaan untuk menyelesaikan lebih daripada satu tugas dalam satu waktu
(multi function & multi tasking). Artificial intelligence /
kecerdasa buatan yang sepenuhnya dikendalikan oleh sebuah komputer
menjadi prioritas pada generasi ini.
Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi yang semakin
memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa
yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan
menggantikan model non Neumann. Model non Neumann akan digantikan dengan
sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara
serempak. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang
memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya
dapat mempercepat kecepatan informasi.
Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia.
Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia.
itulah tadi sejarah komputer dari generasi pertama hingga sekarang.
Tapi dalam penggunaannya, komputer juga memiliki dampak positif dan negatif dalam masyarakat. Inilah beberapa dampak positif dan negatif yang umum di masyarakat.
Positif
- Dapat menambah wawasan kita, dengan menggunakan internet kita dapat mendapat wawasan yang sangat luas lebih dari buku dan televisi.
- Teknologi komputer mempermudah penggunanya dalam mencari informasi yang terkecil sekalipun yang tak bisa kita dapatkan dibuku atau memakan waktu yang lama. Dengan menggunakan komputer kita akan mendapatkan informasi atau lain-lain dengan lebih cepat (contohnya tugas)
- Dapat mempermudah penggunanya untuk menjalin komunikasi dengan teman-teman yang jauh dan juga bisa menyampaikan suatu berita yang cepat dan praktis.
- Dengan komputer + internet kita dapat mencari berita / info terupdate (terbaru) yang terjadi belakangan ini.
- Memudahkan pekerjaan kantor dan tugas kuliah/sekolah
- Menghilangkan stress dengan bermain games offline/online
- Dapat disalahgunakan oleh penggunanya untuk hal yang tidak baik / cybercrime ( hacker,penipuan,dll)
- Dapat membuat penggunanya lupa waktu karena kecanduan bermain komputer
- Bisa merusak kesehatan jika dipergunakan terus menerus terutama mata karena pancaran radiasi monitor
http://id.wikipedia.org/wiki/Komputer
sejarahkomputer.org
http://merahitam.com/sejarah-komputer-dan-perkembanganya.html
link website Gunadarma :
http://gunadarma.ac.id/
http://baak.gunadarma.ac.id/
http://studentsite.gunadarma.ac.id/
http://helpdesk.gunadarma.ac.id/
http://ugpedia.gunadarma.ac.id/
No comments:
Post a Comment